Wednesday 27 May 2009

Inikah Suku Israel yang Hilang?

Oleh: Farzand Ahmed, India Today, 6 November 2006

http://unseenhands.wordpress.com/2009/04/04/inikah-suku-israel-yang-hilang/

Studi baru-baru ini telah menemukan bahwa asal-usul suku Afridi Pathan di sebuah kota kecil bernama Uttar Pradesh berasal dari ‘suku hilang’ Israel yang sesuai dengan Bibel. Namun suku Pathan tidak bersedia menerima diri mereka sebagai Yahudi. Malihabad, sebuah kota kecil yang terkenal akan buah-buahannya, di daerah pinggiran Lucknow, akan menarik perhatian Anda. Tempat yang mahsyur dengan buah mangga Dussheri yang manis dan harum itu telah melahirkan beberapa syair Urdu dan Persia terindah. Dan pernyataan tersebut tak berakhir di situ. Kota berdebu itu kini dianggap memiliki sesuatu yang dapat ditelusuri hingga masa Bibel. Di antara penduduk Malihabad terdapat sebuah suku berperawakan tinggi, berkulit kuning langsat, dan bertubuh tegap, yang menyebut diri mereka sebagai penyair dan prajurit Afridi Pathan. Selain itu, sebuah panah raksasa yang terletak di gerbang masuk kota didedikasikan untuk Bab-e-Goya, seorang penyair dan prajurit terkenal. Namun bukti-bukti yang berkembang menyiratkan bahwa leluhur mereka bukanlah Muslim tapi Israel dan mereka sebenarnya bukan berasal dari wilayah Afghanistan-Pakistan tapi ternyata merupakan salah satu ‘suku hilang’ Israel. Di Malihabad, di jantung kota Uttar Pradesh, mereka sangat menonjol dengan ciri-ciri fisik mereka yang unik.

Kini sebuah studi yang dilakukan oleh salah satu anggota suku mereka sendiri, Navras Jaat Aafreedi, yang dipublikasikan baru-baru ini dalam bentuk e-book berjudul “The Indian Jewry & The Self-Professed ‘Lost Tribes of Israel’ in India”, menelusuri garis silsilah mereka hingga ke salah satu ‘suku hilang’ Israel. Navras mengatakan, “Tujuan utama penelitian ini (untuk gelar doktor dari Universitas Lucknow) adalah untuk menelusuri leluhur suku Afridi Pathan.” Untuk membuat studinya lebih kredibel, ia mendapat bantuan dari tim peneliti internasional termasuk Profesor Tudor Parfitt, direktur Centre of Jewish Studies di Universitas London, dan Dr Yulia Egorova, seorang ahli bahasa dan sejarah dari Rusia. Tim tersebut mengunjungi Malihabad dan mengumpulkan sampel DNA dari 50 pria Afridi yang tidak memiliki hubungan secara paternal, guna memperkuat informasi mengenai silsilah Israel mereka. Para peneliti mempelajari hubungan Israel dengan Pathan di beberapa daerah perbatasan Pakistan serta kaitannya dengan Afridi Pathan di Malihabad, Uttar Pradesh, dan Qaimganj (Farrukhabad), juga dengan suku Pathan di Aligarh, Sambhal, dan Barabanki, di samping suku-suku di Kashmir, Manipur, dan Guntur di Andhra Pradesh.

Para sejarawan dan ilmuwan seperti Profesor S.N. Sinha (mantan kepala departemen sejarah di Universitas Jamia Millia Islamia), dan Profesor V.D. Pandey (kepala departemen sejarah India zaman modern dan pertengahan di Universitas Lucknow), menyatakan bahwa penelitian Navras menjadi studi ‘yang penting’ mengenai Yahudi di India dan hubungannya dengan Uttar Pradesh. Menurut Bibel, terdapat 12 suku Israel. Kerajaan utara terdiri dari 10 suku yang dibuang dan kemudian dianggap ‘hilang’. Empat dari ‘suku hilang’ tersebut telah ditemukan di India: Afridi, Shinlung di Timur Laut, Yudu di Kashmir, dan suku non-Muslim di Guntur. Para sejarawan percaya bahwa Afghan adalah keturunan Israel – nama lain cucu Ibrahim, Jacob atau Yakub. Mereka datang ke wilayah yang dikenal sebagai Perbatasan Barat Laut dan Afghanistan; dan setelah pindah mereka dipanggil Afridan, dalam bahasa Persia berarti ‘baru tiba’ dan karena itu memperoleh sebutan ‘Afridi’. Banyak dari Afridi-Afghan masih mengikuti tradisi Yahudi seperti Sabbath dan khitanan pada hari ke-8 kelahiran bayi. “Ada 3 kelompok utama Israel atau Yahudi di India: Bene Israel (kelompok tebesar), Cochini (kelompok terkecil), dan Baghdadi. Pathan di Malihabad dan Farrukhabad menyebut diri mereka sebagai Bani Israel, yang berarti Anak-anak Israel (Children of Israel). Suku-suku Bani Israel juga ditemukan di Aligarh dan Sambhal, Moradabad.

Perkampungan Pathan-Afridi di Malihabad telah ada sejak tahun 1202, ketika desa Bakhtiarnagar didirikan oleh Mohammad Bakhtiar Khilji. Sebagian besar suku Pathan datang pada sekitar pertengahan abad 17 dan semua suku migran mengambil kepemilikan atas desa-desa di sekitar Malihabad. Namun, gelombang terbesar migran Pathan, terutama Afridi, tiba di Malihabad satu abad kemudian saat terjadi lima invasi Ahmad Shah Abdali antara tahun 1748 dan 1761. Banyak Israel-Afridi di Malihabad dan Qaimganj memperoleh kedudukan terkemuka di bidang peperangan, politik, literatur, dan olah raga. Jika Dr. Zakir Husain, seorang Israel-Pathan, Presiden India ke-3 dan pendiri Universitas Jamia Millia Islamia berasal dari Farrukhabad, Malihabad bangga memiliki Nawab Faqueer Mohammad Khan ‘Goya’ (penyair dan anggota istana Awadh yang kemudian pindah ke Pakistan), Ghaus Mohammad Khan (pemain tenis), dan Anwar Nadeem (artis, penulis, dan penyair).

Terdapat sekitar 1200 sampai 1300 suku Pathan di Malihabad, dan setengah dari mereka, menurut penelitian terbaru, adalah Israel-Afridi. Penelitian tersebut telah menimbulkan kegemparan di antara Afridi Pathan karena mereka tidak bersedia mengakui identitas ke-Yahudian mereka. Tidak seperti suku-suku lainnya yang telah bersedia menyatakan pertalian mereka dengan ‘suku hilang’ Israel, Afridi Pathan bersikap tdiak percaya tentang status ke-Yahudi-annya. Kengganan ini terbukti ketika Qavi Kamal Khan (91 tahun), salah satu anggota suku Afridi Pathan di kota, mengatakan, “Saya telah mendengar bahwa kami memiliki garis silsilah Israel, tapi kami bukan Yahudi. Kami adalah Afridi.” Namun, para sejarawan mempercayai penelitian Navras dapat menjadi tonggak penting dalam penelitian sejarah-genealogis yang berangkat dari Lucknow yang tak dikenal, untuk menemukan kembali pertalian yang hilang dalam perjalanan waktu. Studi tersebut, sekali lagi, membuktikan bahwa dunia ini ternyata adalah desa global.



19 comments:

Anonymous said...

If you are going for finest contents like myself, simply pay a quick visit this web page daily since it provides quality contents, thanks

Stop by my webpage ... chloe バッグ

Anonymous said...

When someone writes an article he/she maintains the thought of
a user in his/her brain that how a user can be aware of it.
Thus that's why this article is outstdanding. Thanks!

Here is my site; トリーバーチ財布

Anonymous said...

What's up everyone, it's my first go to see at this web site, and post is
genuinely fruitful in support of me, keep up posting these content.


my web-site :: miu miu 新作

Anonymous said...

Hi there, just wanted to tell you, I liked this article. It was
funny. Keep on posting!

Look into my web page; コーチ オンライン

Anonymous said...

Howdy just wanted to give you a quick heads up. The words in your content
seem to be running off the screen in Ie. I'm not sure if this is a formatting issue or something to do with browser compatibility but I thought I'd post to let
you know. The design look great though! Hope you get the issue resolved soon.
Kudos

Feel free to visit my web-site: ミュウミュウ

Anonymous said...

Hi there to all, the contents present at this site are actually awesome for people knowledge,
well, keep up the good work fellows.

Feel free to visit my blog post: トリーバーチ店舗

Anonymous said...

Hello everyone, it's my first pay a visit at this web page, and post is actually fruitful in favor of me, keep up posting such articles.

Here is my blog post: トリーバーチ靴

Anonymous said...

What's up, this weekend is pleasant designed for me, as this point in time i am reading this wonderful educational paragraph here at my house.

Look into my weblog :: firebasic.dreier-florian.de

Anonymous said...

Very nice post. I just stumbled upon your weblog and wished to
say that I have truly enjoyed browsing your blog posts. After all I
will be subscribing to your rss feed and I hope you write again very soon!


My web blog - トリーバーチ

Anonymous said...

Ahaa, its pleasant conversation regarding this post at this place
at this weblog, I have read all that, so now me also commenting at this place.


Also visit my page ... クロエ ハンドバッグ

Anonymous said...

I blog frequently and I seriously appreciate your content.
Your article has truly peaked my interest. I'm going to bookmark your blog and keep checking for new details about once a week. I subscribed to your RSS feed as well.

my web-site :: miu miu 財布

Anonymous said...

I like it when folks get together and share thoughts. Great website, keep
it up!

my webpage curvet.ir

Anonymous said...

Thanks for ones marvelous posting! I really enjoyed reading it, you happen
to be a great author. I will make certain to bookmark your blog and definitely will come back down the road.

I want to encourage one to continue your great writing, have a nice morning!


Also visit my blog post Christian Louboutin

Anonymous said...

Today, I went to the beach front with my children. I found a sea
shell and gave it to my 4 year old daughter and
said "You can hear the ocean if you put this to your ear." She placed the shell to
her ear and screamed. There was a hermit crab inside and it pinched her
ear. She never wants to go back! LoL I know this is completely off topic but I had to tell someone!


Also visit my webpage: トリーバーチ靴

Anonymous said...

Why users still make use of to read news papers when in this technological
globe all is existing on net?

Have a look at my web page :: ミュウミュウ

Anonymous said...

Unquestionably believe that which you stated. Your favorite justification appeared to be on the net the easiest thing to be aware of.
I say to you, I definitely get annoyed while people consider worries that they just
don't know about. You managed to hit the nail upon the top and also defined out the whole thing without having side effect , people could take a signal. Will likely be back to get more. Thanks

Also visit my homepage; クロエバッグ

Anonymous said...

Thank you for sharing your info. I really appreciate your efforts and I will be waiting for your further write ups thank you once again.


Take a look at my web page louboutinshoe.snappages.com

Anonymous said...

Howdy! I realize this is kind of off-topic however I needed to
ask. Does running a well-established blog such as
yours require a large amount of work? I'm completely new to running a blog however I do write in my diary daily. I'd like to start
a blog so I can easily share my personal experience and views
online. Please let me know if you have any suggestions
or tips for brand new aspiring blog owners. Appreciate it!


my weblog - coach 財布

Anonymous said...

you're in point of fact a excellent webmaster. The website loading speed is amazing. It sort of feels that you're doing any distinctive
trick. Moreover, The contents are masterpiece.

you've done a great process in this topic!

Visit my blog トリーバーチ靴